Sunday, September 27, 2015

Firasat haid



Saat menulis artikel ini saya sedang tersenyum senyum, ingat masa saya masih SMA yang memang doyan baca primbon.

Sedikit oceh ocehan masa remaja saya, sewaktu SMA saya bersekolah di Surabaya dan tinggal di rumah tante saya. Tante dan Oom saya tergolong tipe sibuk, sangat jarang berada di rumah. Jadi saya di rumah bersama sama 2 anak tante yang masih SD,1 sepupu saya cewek yang masih kuliah dan para pembantu rumah tangga. Oia sekarang bilangnya Asisten Rumah Tangga (ART) ya. Sangking tidak ada orang tua, kamipun menjadi sangat akrab satu sama lain. Dengan para mbak mbak ARTpun sudah saya anggap seperti keluarga.


Awal saya dan sepupu saya berkenalan dengan yang namanya primbon itu ya dari mbak mbak ART itu. Kala itu kami penasaran, koq mereka sebentar sebentar membaca buku tua dengan ekspresi kadang serius, kadang senyum senyum.. Emang itu buku apa sih? Sangking tidak tahan penasaran, ya saya dan sepupu sayapun bertanya tentang buku itu.. Ooo ow ternyata itulah yang namanya Primbon …. Dan begitulah, mulai saat itu kamipun ‘berkenalan’ dengan yang namanya baca primbon. Bentar bentar, ada kejadian apa aja, langsung liat kalender, liat jam, liat hari pasaran dan eng ing eeeeng .. buka primbon. 

Mulai kuping berdenging, bersin, aneka kedutan, mimpi dan lain sebagainya buntut buntutnya .. nyari primbon.

Sayang, kitab "sakti" itu sudah hilang, tapi saya masih punya copyan primbon tentang firasat haid…  yuk simak… sapa tau cocok ... J

Cekidot

Firasat haid


Haid datang pada hari:
Minggu: Ketemu teman lama
Senin   : Dapat rejeki
Selasa  : Akan happy
Rabu    : Bakalan berantem
Kamis  : Bersedih hati
Jumat  : Akan happy
Sabtu   : Dapat berita yang mengejutkan


Haid datang pada hari pasaran:
Kliwon ; Mendapatkan keuntungan
Legi     : Akan mendapat nama baik
Pahing : Akan ada tamu
Pon      : Memperoleh berita dari jauh
Wage   : Keprihatian


Haid datang pada tanggal:
1          : Happy,tapi hanya sementara
2          : Akan menghadapi masalah keluarga
3          : Akan ada deal deal penting
4          : Dapat rejeki
5          : Bersedih hati
6          : Mendengar berita dari keluarga jauh
7          : Mendapat hadiah dari si dia
8          : Akan happy
9          : Terhindar dari kekecewaan
10        : Ada yang kangen
11        : Akan happy
12        : Bersedih hati
13        : Terlepas dari hutang
14        : Mendapat undangan
15        : Mendengar berita yang mengejutkan
16        : Dihadapkan pada bahaya
17        : Akan mendapat pujian
18        : Berhadapan dengan pertentangan bathin
19        : Ada yang berbicara tidak baik
20        : Ketemu orang yang dibenci
21        : Menemui kesusahan
22`       : Akan happy
23        : Mendapat malu
24        : Keuangan agak membaik
25        : Mendapat rejeki
26        : Memperoleh pujian
27        : legaaa
28        : Menemui penderitaan bathin
29        : Akan bepergian
30        : Akan happy
31        : Terhindar dari bahaya


Haid datang pada jam
00:00   : Terhindar dari bahaya
01:00   : Memperoleh kebahagiaan
02:00   : Si dia tetap ingat
03:00   : Akan membuat janji
04:00   : Cinta semakin bersemi
05:00   : Mendapat malu
06:00   : Diliputi rasa curiga
07:00   : Akan happy
08:00   : Kangen sama si dia
09:00   : Hubungan semakin mesra
10:00   : Akan happy dan berbunga bunga
11:00   : Merasa sangat setia
12:00   : Mengenang sesuatu
13:00   : Merasa puas
14:00   : Akan merasa sedikit kecewa
1500    : Akan happy
16:00   : Pergolakan bathin
17:00   : Cinta mulai bersemi
18:00   : Akan ada peristiwa menyedihkan
19:00   : Mengalami kekecewaan tapi sedikiiiiiiit
20:00   : Akan merasa tidak puas
21:00   : Akan merasa kangen
22:00   : Akan ada pengalaman baru
23:00   : Akan happy



Simak artikel lainnya


No comments:

Post a Comment